Senin, 05 Desember 2011

aplikasi dan penerapan UUD


Nama : Wahyu Ningsih S
NIM    :  292011152
Tugas Individu !
A.      Pertanyaan !!
1.       Berikan 4 contoh kompetensi UUD 1945 !
2.       Berikan contoh penerapan behaviorisme dalam pembelajaran !
3.       Bagaimana cara membantu mahasiswa kelas D supaya tidak lupa dengan mata kuliah yang sudah di pelajari ??
4.       Berikan contoh penerapan teori konstruktivisme yang didalamnya menyangkut setting kelas dan scaffalding !!
5.       Berikan contoh belajar humanisme sehingga kebutuhan aktualisai diri siswa terpenuhi !!

B.      Jawaban !!

1.       a.  Kompetensi kepribadian
Contoh : memiliki kemampuan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa serta menjadi teladan bagi peserta didik serta berahlak mulia

b. Kompetensi pedagogik
Contoh : guru mampu memahami wawasan atau landasan pendidikan, mampu memahami peserta didik, mampu mengembangkan kurikulum/silabus dll.

c. Kompetensi profesional
Contoh : guru mengerti dan dapat menerapkan landasan kependidikan baik filosofi, psikologis, sosiologis dll. Mengerti dan dapat menerapkan teori belajar sesuai dengan taraf perkembangan peserta didik

d. Kompetensi sosial
Contoh : dapat menggunakan komunikasi secara lisan, tulisan dan isyarat. Mampu bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan , orangtua/wali peserta didik.

2.       a.    Siswa dapat mengerjakan tugas sesuai alokasi waktu yang diberikan guru
b.      Dapat hadir tepat waktu saat mengikuti pembelajaran
c.        Siswa yang kurang sopan menjadi lebih sopan
d.       Siswa yang keras menjadi lembut

3.       a.    setiap mahasiswa harus mampu belajar sendiri dirumah
b.      mampu membuat catatan kecil dan memiliki materi



4.       Menyangkut setting class :a.
a.       Didalam kelas tempat duduk di rubah-ubah
b.      Menempatkan peserta didik sesuai dengan sikap dan faktor-faktor yang mempengaruhinya dalam belajar
c.       perubahan tempat duduk disesuaikan dengan langkah kegiatan misalnya diskusi atau kerja kelompok
d.      Membentuk kelompok yang heterogen
e.      menyediakan alat-alat yang mendukung dalam pembelajaran misalnya buku-buku / gambar-gambar
Menyangkut scaffolding
Diawali dengan menggali potensi siswa sesuai kehidupan siswa baik dirumah ataupun di sekolah. Memperhatikan setiap karakteristik anak.
5.       Belajar dengan menggunakan metode diskusi sehingga anak dapat belajar mengerti kebutuhan orang lain, pendapat orang lain dan anak diberi kebebasan dalam berfikir serta diberi kesempatan untuk mengungkapkan pengalamannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar