Senin, 05 Desember 2011

RPP IPS Kelas V


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(  R P P )
Sekolah                            :  SDN 02 Semarang
Mata Pelajaran                : Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
Kelas / Semester              : V / 2
Alokasi Waktu                  : 2 jam ( 70 menit )   /1 x  pertemuan
Hari / Tanggal                   :

A.      Standar Kompetensi (SK)
2. Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
B.    Kompetensi Dasar ( KD )
2.1 Mendiskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang
C.    Indikator
2.1.1          Membuat laporan mengenai perjuangan para tokoh pejuang Nasional  yang ada  dilingkungan setempat ( Jawa Tengah )
2.1.2          Menceritakan dan mengidentifikasi sifat-sifat paratokoh pejuang
2.1.3          Mendiskripsikan maksud bangsa lain datang ke Indonesia pada masa lampau ( bangsa Portugis, Spanyol, Belanda )

D.   Tujuan
-          Siswa dapat memahami  peranan para tokoh pejuang di wilayah Jawa Tengah .
-          Siswa dapat menyebutkan nama tokoh pejuang.
-          Siswa dapat menyebutkan tokoh pejuang yang menentang penjajah pada masa penjajahan Portugis
-          Siswa dapat  menyebutkan pedagang Eropa yang pertama kali masuk ke Indonesia
-          Siswa dapat menyebutkan alasan bangsa lain menguasai wilayah  Indonesia

Dampak Pengiring
-          Setelah mempelajari peranan tokoh pejuang diharapkan siswa memiliki rasa ingin tau mengenai peranan tokoh pejuang pada masa penjajahan bangsa lain, dan mempunyai rasa hormat serta menghargai pejuang.
-          Pendidikan Karakter : diharapkan siswa lebih displin, meneladani sikap yang telah diperlihatkan para tokoh pejuang,





E.    Materi Pembelajaran

Indonesia dulu disebut Nusantara merupakan suatu wilayah yang sangat subur dan banyak menghasilkan rempah-rempah, saat itu Nusantara masih dipimpin oleh raja-raja sebagai penguasa wilayah. Pedagang Eropa datang pertama kali memasuki wilayah Nusantara adalah bangsa Portugis dan Spanyol, keduanya saling bersaing untuk merebut daerah hasil rempah-rempah. Akhirnya bangsa Spanyol tersingkir dan bangsa Portugis dapat mengusai daerah penghasil rempah-rempah, namun bangsa Indonesia dan para aja tidak senang dengan kelakuan Portugis yang ingin menjajah, sehingga rakyat indonesia berjuang mengusir bangsa Portugis dari bumi Nusantara. Bebrapa pejuang yaitu :
1.       Perjuangan Pati Unus dari Demak menentang penjajahan Portugis (1513)
2.       Perjuangan Panglima Fatahillah dari Kerajaan Demak menentang penjajahan Portugis ( 1526-1527)
3.       Perjuangan Sultan Baabullah dari Kerajaan Ternate menentang penjajahan Portugis (1575)
4.       Perjuangan Sultan Iskandar Muda dari Kesultanan Aceh menentang penjajahan Portugis (1607-1636)
Para pedagang Belanda pun akhirnya datang ke Indonesia maka terjadilah persaingan yang ketat antara dua negara. Tetapi pedagang Portugis tersingkir dalam perebutan wilayah Nusantara, secara lambat tapi pasti.

F.       Metode Pengajaran
-          Ceramah
-          Diskusi
-          Tanya jawab
-          Penugasan

G.     Langkah-langkah  pembelajaran:
a.     Kegiatan awal ( 10 menit )
1.       Membuka pelajaran dengan salam dan doa ( karakter religi )
2.       Presensi ( karakter kedisplinan )
3.       Apersepsi : menanyakan materi yang sudah dipelajari pada pertemuan yang lalu,atau
                    bertanya tentang pengalaman kehidupan.
4.       Pemberian motivasi ( karakter peduli, percayadiri )
5.       Penyampaian tujuan pemelajaran
b.    Kegiatan inti ( 55 menit )
1.  Eksplorasi ( 5 menit )
-   Siswa mencermati buku yang diberikan oleh guru ( karakter yang ditanamkan  mandiri )
-   Guru memberikan bagan mengenai apa yang akan diselesaikan ( karakter yang ditanamkan berfikir logis )




2.       Elaborasi ( 25 menit )
-   Membagi dalam kelompok yang heterogen namun dalam jumlah yang kecil
( karakter yang ditanamkan kerjasama )
-   Diskusi dalam kelompok ( karakter yang ditanamkan berfikir logis, saling menghargai dan bekerjasama)
-   Salah satu anggota kelompok melaporkan hasil diskusinya kepada guru maupun  
kelompok lain ( presentasi ) ( karakter yang ditanamkan percaya diri, kritis dan tanggung jawab)

3.       Konfirmasi ( 10 menit )
-   Guru memperbaiki hasil diskusi apabila secara umum kurang tepat. ( karakter percaya diri dan berfikir logis )
-   Guru memberikan penghargaan ( reward )  terhadap kelompok yang hasil diskusinya
    paling bagus. ( karakter yang ditanamkan menghargai hasil kerja karena benar )
-   Guru memberikan perbaikan kepada siswa yang mendapatkan hasil kurang baik.
-   Bersama-sama dengan guru menarik kesimpulan ( menyimpulkan ) hasil diskusi.
( karakter yang ditanamkan mandiri, kerjasama dan logis )
-   Memajangkan hasil diskusi yang terbaik. ( karakter yang ditanamkan menghargai hasil orang lain dan rasa percaya diri )

4.       Kegiatan akhir ( 15 menit )
-   Guru dan siswa melakukan refleksi. ( karakter yang ditanamkan mandiri, kerjasama, kritis dan logis )
-   Siswa merangkum tentang pembahasan materi pembelajaran yang telah
   disampaikan guru.
-   Guru memberikan soal – soal untuk evaluasi.
-   Guru memberikan perbaikan dan pengayaan
-   Tindak lanjut pemberian tugas pekerjaan rumah ( PR )

5.       Penutup ( 5 menit )
Memberi penguatan kepada siswa untuk selalu belajar dan menerapkannya dalam kehidupan.

H.      Alat peraga dan Buku sumber
a.       Alat peraga                 : gambar-gambar tokoh pahlawan
b.      Buku sumber             :  Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V
    oleh Reny Yuliati dan Ade Munajat







I.        Penilaian
-            Teknik : test tertulis ( test individu )
-           Bentuk : uraian
-           Soal      : terlampir
-           Pedoman Penilaian :




Jumlah soal lima pertanyaan.
Sekor :
B    = 20
KB = 15
S    =  0
Penilaian :
Jumah sekor penilaian    X 100
Sekor tertinggi

J.        Lembar Pengamatan Siswa
Diskusi Kelompok dalam kegiatan proses belajar

NO
Nama
1.Kerja sama
2.kejujuran
3.Menghargai pendapat orang lain
4.Pemahaman konsep
Jumlah
1






2






3






4






5






6






7






8






9






10






11






12






13






14






15






16






17









Kriteria penilaian
*A : aktif
  B : kadang-kadang
  C : pasif
*Untuk  penilaian 1,2,3 dan 4
















Guru kelas
 
 

Mengetahui Kepala Sekolah



Wahyu Ningsih S
 
Candra Rahardian
















Soal Test


1.     Sebutkan peranan para tokoh pejuang di wilayah Jawa Tengah ??
Jawab :





2.    Sebutkan nama tokoh pejuang yang melakukan perlawan pada masa penjajahan portugis dan spanyol ??
Jawab :




3.    Sebutkan nama tokoh pejuang yang melawan penjajahan Portugis dan Spanyol yang berada di provinsi Jawa Tengah !!
Jawab :




4.    Sebutkan bangsa yang pertama kali masuk ke Indonesia untuk menguasai daerah penghasil  rempah-rempah ??
Jawab :



5.     Sebutkan alsan bangsa lain datang berduyun-duyun ke Indonesia ????
Jawab :












Jawaban Soal Test


1.       Mereka melakukan perlawanan dan mengusir Portugis dari bumi Nusantara sebab rakyat Indonesia tidak menyukai kelakuan bangsa Portugis yang semakin ingin menjajah.

2.       Tokoh pejuang yang melakukan perlawan pada masa penjajahan portugis dan spanyol adalah

a.       Perjuangan Pati Unus dari Demak menentang penjajahan Portugis (1513)
b.      Perjuangan Panglima Fatahilla dari Kerajaan Demak menentang penjajahan Portugis ( 1526-1527)
c.       Perjuangan Baabullah dari Kerajaan Ternate menentang penjajahan Portugis (1575)
d.      Perjuangan Sultan Iskandar Muda dari Kesultanan Aceh menentang penjajahan portugis (1607-1636)

3.       Tokoh pejuang yang melawan penjajahan Portugis dan Spanyol yang berada di provinsi Jawa Tengah adalah
a.       Perjuangan Pati Unus dari Demak menentang penjajahan Portugis (1513)
b.      Perjuangan Panglima Fatahilla dari Kerajaan Demak menentang penjajahan Portugis ( 1526-1527)

4.       Portugis dan Spanyol

5.       Alsan bangsa lain datang berduyun-duyun ke Indonesia yaitu

-    untuk berdagang
-    untuk menguasai daerah hasil rempah-rempah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar